1. Judul program
pembelajaran : “Meningkatkan Perilaku Prososial untuk Melahirkan Generasi
Penerus Bangsa yang Humanis.”
Secara garis besar topik yang akan
dibahas dalam kegiatan belajar adalah tentang perilaku prososial. Perilaku
prososial diartikan sebagai perilaku yang mau rela berkorban atau membantu
orang lain tanpa pamrih. Perilaku sosial berkaitan dengan moral bangsa. Jika
tingkat perilaku prososial dalam suatu masyarakat cukup tinggi, maka hal itu
juga dapat menjadi indikator bahwa masyarakat tersebut memiliki standar moral
yang baik. Selanjutnya, apabila masyarakat dari suatu negara memiliki perilaku
sosial yang tinggi, maka masyarakat di negara tersebut akan dapat hidup dengan
lebih damai karena masyarakatnya selalu siap sedia untuk saling membantu.
Namun pada kenyataannya yang
terjadi di negara Indonesia, perilaku sosial ini masih kurang dijiwai. Fenomena
yang terjadi para remaja adalah justru lebih sering terlibat pada
kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat (seperti bermain game online, clubbing, nongkrong di kafe dll) bahkan banyak juga
yang terjerumus pada hal yang lebih ekstrim yaitu terlibat dalam tindakan
kriminal (mengkonsumsi narkoba, bullying,tawuran dll ).
Atas dasar fenomena yang terjadi
pada remaja, kami ingin membuat suatu format belajar yang dapat mengenalkan
serta meningkatkan perilaku prososial. Karena kami beranggapan
kegiatan-kegiatan remaja yang kurang baik seperti yang telah disebutkan di
atas, seharusnya dapat digantikan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih positif
sebagai perwujudan dari dorongan untuk melakukan perilaku prososial demi
membantu sesama manusia.
Untuk membuat pelajaran tentang
perilaku prososial menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami, maka kami
merancang format belajar yang bervariatif dengan menggunakan beberapa alat
bantu. Sehingga diharapkan dengan adanya variasi ini, peserta didik tidak mudah
bosan.
2. Rancangan format
belajar dalam pendekatan peer learning
Rancangan
format yang kami bahas adalah yang berfokus pada seting peer learning. Peer learning sendiri dapat diartikan sebagai
bentuk kegiatan belajar yang dilakukan bersama teman-teman. Atmosfer peer learning menawarkan nuansa informal
dan lebih santai, namun tetap harus beorientasi pada tujuan belajar. Berikut
kami uraikan rancangan format belajar dalam pendekatan peer learning :
Ø Peserta belajar terdiri dari lima orang.
Ø Kegiatan belajar dilakukan sebanyak lima kali
pertemuan.
Ø Dalam setiap pertemuan, salah satu peserta
berperan sebagai tutor bagi peserta lainnya. Jadi, dengan lima kali pertemuan
dan jumlah peserta sebanyak lima orang juga, maka setiap peserta berkesempatan
menjadi tutor secara bergantian.
Ø Peserta yang mendapat giliran sebagai tutor,
menyampaikan materi pelajaran dengan topik perilaku prososial dan memimpin
diskusi antar sesama peserta belajar.
Ø Peserta yang mendapat giliran sebagai tutor,
menyampaikan pelajaran dengan menggunakan alat bantu yang berbeda-beda.
Ø Setelah peserta yang berperan sebagai tutor
menyampaikan materi pelajaran, maka kegiatan selanjutnya adalah memimpin
teman-temannya untuk berdiskusi mengeluarkan pendapatnya masing-masing yang
berkaitan dengan topik yang diajarkan.
Ø Pada akhir setiap pertemuan, setiap peserta
belajar memberikan feedback kepada
temannya yang berperan sebagai tutor.
3. Tujuan belajar
·
Tujuan operasional
Tujuan operasional
dijelaskan sebagai barang atau sesuatu yang dilakukan untuk meningkatkan
kualitas sumber-sumber yang ada sehingga program kegitan belajar dapat berjalan
dengan efektif.
ü Menyusun jadwal tentang waktu pertemuan dan
siapa yang mendapat giliran untuk berperan sebagai tutor dalam setiap
pertemuan.
ü Menyediakan alat bantu belajar yang berbeda-beda
dalam setiap pertemuan.
ü Meningkatkan keterlibatan peserta dalam
setiap diskusi yang dilakukan.
·
Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan
adalah hal yang berkaitan dengan tentang apa yang perlu dipelajari untuk
dijadikan acuan dalam meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kepentingan suatu
lembaga ataupun bagi masyarakat.
ü Meningkatkan pengetahuan mengenai topic
perilaku prososial.
ü Supaya kita mampu membedakan bentuk-bentuk
perilaku prososial dalam masyarakat
ü Menstimulasi peserta belajar untuk dapat
berpikir kritis tentang perilaku prososial.
ü Menstimulasi peserta belajar agar termotivasi
melakukan perilaku prososial dalam kehidupan sehari-hari.
4. Alat bantu belajar
- Iklan
Iklan yang digunakan adalah iklan
yang mengandung perilaku prososial. Iklan akan di paparkan oleh tutor para
pertemuan pertama, lalu akan dibahas secara bersama-sama oleh seluruh angoota
kelompok.
- Gambar/lukisan
Tutor
akan menampilkan lukisan yang berisikan perilaku prososial. Kemudian akan
dibahas lebih lanjut mengenai unsur-unsur dalam lukisan yang berhubungan dengan
perilaku prososial.
- Film
Tutor
akan menunjukkan salah satu film yang berkisah tentang perilaku prososial. Lalu
kelompok akan meresensi bagian-bagian mana yang menunjukkan perilaku prososial.
- Koran/majalah
Tutor
akan menunjukkan sebuah artikel dalam berita yang menunjukkan bentuk nyata
perilaku prososial dalam masyarakat, ataupun beritayang membahas artikel yang
bertentangan dengan perilaku prososial.
- Lagu
Tutor
akan memperdengarkan sebuah lagu. Lalu kelompok akan membahas bersama-sama
mengenai lyric dalam lagu tersebut yang berhubungan dengan perilaku prososial.
5. Jadwal pelaksanaan program pembelajaran
1. Tutor
: Cynthia Christian
Subtopik : Altruisme
Tempat pelaksanaan
: Taman kampus
Waktu pelaksanaan
: Senin, 30 Maret 2015
11.00 –
12.00 WIB
Alat Bantu : Laptop untuk menampilkan
iklan
2. Tutor : Rizki Situmorang
Subtopik : Helping (Menolong)
Tempat pelaksanaan
: Taman kampus
Waktu pelaksanaan
: Selasa, 31 Maret 2015
11.00 – 12.00 WIB
Alat Bantu : Laptop untuk menampilkan
gambar, lukisan.
3. Tutor : Irawati Sesilia
Situmeang
Subtopik : Modeling in Procosial Behaviour
Tempat pelaksanaan
: Taman kampus
Waktu pelaksanaan
: Rabu, 1 April 2015
11.00 – 12.00 WIB
Alat Bantu : Laptop untuk menampilkan
video tentang perilaku modeling yang
menunjukan perilaku prososial
4. Tutor : Andriani Buaton
Subtopik : Pengaruh Teks Lagu pada
Perilaku Prososial
Tempat pelaksanaan
: Taman kampus
Waktu pelaksanaan
: Kamis, 2 April 2015
11.00 –
12.00 WIB
Alat Bantu : Teks Lagu, Mp3 untuk pemutar
lagu
5. Tutor : Sinta Meilastry
Subtopik : Aplikasi Perilaku
Prososial dalam Isu Sosial
Tempat pelaksanaan
: Taman kampus
Waktu pelaksanaan
: Jumat, 3 April 2015
11.00 –
12.00 WIB
Alat Bantu : Berita-berita yang ada dalam koran
atau majalah
0 komentar:
Posting Komentar